Pengertian PPG: Panduan Lengkap untuk Guru Profesional

Pengertian PPG: Panduan Lengkap untuk Guru Profesional

Sarungan.net – Guru sebagai pengemban amanah dalam dunia pendidikan memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru adalah melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

PPG merupakan program pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan guru yang profesional dan berkualitas. Program ini diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tinggi yang telah terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Manfaat PPG

PPG memberikan banyak manfaat bagi guru, antara lain:

  • Meningkatkan kompetensi dan kualifikasi profesional guru
  • Memenuhi syarat untuk menjadi guru profesional sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  • Mendapatkan sertifikat pendidik yang diakui secara nasional
  • Memperluas kesempatan karier sebagai guru profesional

Komponen PPG

PPG terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

Program Studi PPG

Program studi PPG terdiri dari mata kuliah yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi guru, meliputi:

  • Pedagogik
  • Konten dan Metode
  • Praktik Lapangan

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

PPL merupakan kegiatan praktik mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa PPG di sekolah mitra. Tujuan PPL adalah untuk memberikan pengalaman nyata dalam mengajar dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan.

Baca Juga :  Pengertian Infeksi Secara Umum

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

PTK merupakan penelitian kecil yang dilakukan oleh mahasiswa PPG untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Hasil PTK kemudian didiseminasikan dalam bentuk karya tulis ilmiah.

Portofolio

Portofolio merupakan kumpulan dokumen yang menunjukkan perkembangan profesional mahasiswa PPG selama mengikuti program studi. Portofolio meliputi rencana pembelajaran, bahan ajar, dan hasil penilaian siswa.

Skema PPG

Skema PPG terdiri dari dua jalur, yaitu:

PPG Prajabatan

PPG Prajabatan diperuntukkan bagi lulusan sarjana atau diploma IV nonkependidikan yang ingin menjadi guru. Program ini dapat ditempuh dalam waktu 2-4 semester.

PPG Dalam Jabatan

PPG Dalam Jabatan diperuntukkan bagi guru dalam jabatan yang ingin meningkatkan kualifikasi profesionalnya. Program ini dapat ditempuh dalam waktu 1-2 semester.

Tabel Perbandingan PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan

Aspek PPG Prajabatan PPG Dalam Jabatan
Sasaran Lulusan nonkependidikan Guru dalam jabatan
Durasi 2-4 semester 1-2 semester
Kualifikasi Sertifikat Pendidik Sertifikat Pendidik
Syarat Lulusan S1/D4 Guru dalam jabatan

Kesimpulan

PPG merupakan program pendidikan yang sangat penting bagi guru untuk meningkatkan profesionalisme dan kualifikasinya. Melalui PPG, guru akan memperoleh kompetensi dan pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi pendidik yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan pendidikan di era global.

Untuk informasi lebih lanjut tentang PPG, silakan kunjungi situs web Kemendikbud atau lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan PPG.

Baca juga artikel kami lainnya:

FAQ tentang Pengertian PPG

1. Apa itu PPG?

  • PPG adalah Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang merupakan program pendidikan setelah sarjana (S1) yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru.

2. Apa tujuan dari PPG?

  • Untuk menghasilkan guru yang profesional dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini.
Baca Juga :  Pengertian Pad

3. Apa saja jenis PPG?

  • Ada dua jenis PPG, yaitu PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan (Daljab). PPG Prajabatan diperuntukkan bagi calon guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, sedangkan PPG Daljab diperuntukkan bagi guru bersertifikat yang ingin meningkatkan kompetensinya.

4. Apa perbedaan antara PPG Prajabatan dan PPG Daljab?

  • PPG Prajabatan merupakan pendidikan awal untuk menjadi guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, sedangkan PPG Daljab merupakan pendidikan lanjutan untuk guru yang sudah bersertifikat pendidik.

5. Berapa lama masa pendidikan PPG?

  • Masa pendidikan PPG bervariasi tergantung pada jenis PPG. PPG Prajabatan biasanya berlangsung selama 1 tahun, sedangkan PPG Daljab biasanya berlangsung selama 2 semester.

6. Apa saja mata kuliah yang diajarkan dalam PPG?

  • Mata kuliah dalam PPG antara lain: pedagogik, metodologi pengajaran, mata pelajaran yang akan diajarkan, dan praktik mengajar.

7. Apa saja keuntungan mengikuti PPG?

  • Keuntungan mengikuti PPG antara lain: meningkatkan kompetensi guru, meningkatkan peluang karir, dan mendapatkan sertifikat pendidik.

8. Siapa saja yang dapat mengikuti PPG?

  • PPG dapat diikuti oleh lulusan S1 atau D4 dari berbagai jurusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan.

9. Bagaimana cara mendaftar PPG?

  • Cara mendaftar PPG dapat dilihat pada website resmi Kemendikbudristek atau melalui Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang menyelenggarakan PPG.

10. Berapa biaya pendidikan PPG?

  • Biaya pendidikan PPG bervariasi tergantung pada LPTK yang menyelenggarakan.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *