Pengertian NGT: Seluk-Beluk Tube yang Menghubungkan Hidung ke Lambung

Pengertian NGT: Seluk-Beluk Tube yang Menghubungkan Hidung ke Lambung

Sarungan.net –

Hai sobat pembaca tercinta! Kali ini, kita akan bahas tuntas seputar NGT, atau Pengertian Ngt. NGT merupakan sebuah alat medis yang sering dipakai dalam dunia medis. Nah, biar kita makin paham, yuk langsung saja kita kulik bersama!

Apa Itu NGT?

Pengertian Ngt adalah sebuah kependekan dari Nasogastric Tube. Nah, tube yang satu ini biasanya berupa selang tipis yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui hidung, terus diteruskan ke kerongkongan, hingga akhirnya mencapai lambung. Biasanya, selang ini digunakan untuk memberikan nutrisi atau obat, serta untuk mengeluarkan cairan atau gas dari lambung.

Fungsi Utama NGT

Pengertian Ngt sudah kita bahas, sekarang kita masuk ke fungsinya. Secara garis besar, NGT memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya:

Pemberian Nutrisi dan Obat

NGT sering digunakan untuk memberikan nutrisi cair atau obat-obatan kepada pasien yang tidak bisa makan atau minum secara normal. Ini bisa jadi karena berbagai kondisi, seperti:

  • Gangguan menelan
  • Mual dan muntah
  • Pasca operasi
Baca Juga :  Pengertian Sakinah

Pengeluaran Cairan dan Gas Lambung

Selain untuk pemberian nutrisi, NGT juga berfungsi untuk mengeluarkan cairan dan gas yang menumpuk di lambung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman, mual, dan kembung. Pengeluaran cairan dan gas ini juga bisa membantu mencegah komplikasi, seperti aspirasi.

Jenis-Jenis NGT

Pengertian Ngt sudah, fungsi NGT sudah, sekarang kita bahas jenis-jenisnya. Nah, NGT itu ada beberapa jenis, tergantung dari bahan dan ukurannya. Berikut ini beberapa jenis NGT yang umum digunakan:

NGT Silikon

NGT silikon merupakan jenis yang paling umum digunakan. Selang ini terbuat dari bahan silikon yang lembut dan fleksibel, sehingga nyaman digunakan untuk jangka waktu yang lama.

NGT Lateks

NGT lateks terbuat dari bahan lateks, yang memiliki daya tahan lebih tinggi dibandingkan dengan NGT silikon. Namun, NGT lateks tidak cocok untuk pasien yang alergi lateks.

NGT Polietilen

NGT polietilen terbuat dari bahan polietilen, yang memiliki biaya lebih rendah dibandingkan dengan jenis NGT lainnya. Namun, NGT polietilen tidak sefleksibel dan tidak nyaman digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Ukuran NGT

Ukuran NGT juga bervariasi, tergantung dari kebutuhan pasien. Ukuran NGT yang digunakan biasanya berkisar antara 8 hingga 18 French (Fr). Ukuran French menunjukkan diameter luar selang dalam milimeter. NGT dengan ukuran yang lebih besar biasanya digunakan untuk pemberian nutrisi, sementara NGT dengan ukuran yang lebih kecil digunakan untuk pengeluaran cairan dan gas.

Pemasangan NGT

Pengertian Ngt sudah, fungsi NGT sudah, jenis NGT sudah, sekarang kita bahas cara pemasangannya. Nah, pemasangan NGT biasanya dilakukan oleh tenaga medis terlatih, seperti perawat atau dokter. Berikut ini langkah-langkah pemasangan NGT:

Baca Juga :  Pengertian Ecofarming: Konsep Pertanian Lestari dan Berkelanjutan

Persiapan Pasien

Sebelum NGT dipasang, pasien harus dipersiapkan terlebih dahulu. Persiapan ini meliputi:

  • Menjelaskan prosedur pemasangan NGT kepada pasien
  • Memposisikan pasien dengan nyaman
  • Memberikan anestesi lokal pada hidung pasien

Pemasangan Selang

Setelah persiapan selesai, selang NGT akan dimasukkan melalui hidung pasien. Selang akan diteruskan hingga mencapai kerongkongan, kemudian diteruskan lagi hingga mencapai lambung.

Pemeriksaan Posisi

Setelah selang NGT terpasang, posisi selang akan diperiksa menggunakan sinar X atau auskultasi. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa selang berada pada posisi yang benar, yaitu di dalam lambung.

Perawatan dan Komplikasi NGT

Pengertian Ngt sudah, fungsi NGT sudah, jenis NGT sudah, cara pemasangan sudah, sekarang kita bahas perawatannya. Nah, NGT yang sudah terpasang harus dirawat dengan baik untuk mencegah komplikasi. Perawatan NGT meliputi:

Pembersihan Selang

Selang NGT harus dibersihkan secara teratur untuk mencegah penyumbatan. Pembersihan dilakukan dengan cara memasukkan air atau larutan salin melalui selang.

Penggantian Selang

Selang NGT harus diganti secara berkala, biasanya setiap 2-4 minggu. Penggantian selang dilakukan untuk mencegah kerusakan selang dan infeksi.

Komplikasi NGT

Meskipun pemasangan NGT umumnya aman, namun tetap ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi, seperti:

  • Hidung berdarah
  • Kerusakan pada kerongkongan atau lambung
  • Penyumbatan selang
  • Infeksi

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap seputar Pengertian Ngt. NGT merupakan alat medis yang memiliki peran penting dalam dunia medis, terutama untuk memberikan nutrisi, mengeluarkan cairan dan gas dari lambung, serta untuk tujuan diagnostik. Jika kamu memiliki pertanyaan atau keluhan terkait NGT, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terdekat.

Oh iya, jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel menarik lainnya di Sarungan.net ya!

FAQ tentang NGT

Apa itu NGT?

NGT (Nasogastric Tube) adalah selang yang dimasukkan melalui hidung dan masuk ke lambung.

Baca Juga :  Pengertian Exposure: Panduan Lengkap dari Sarungan.net -

Kapan NGT digunakan?

NGT digunakan untuk memberikan nutrisi pada pasien yang tidak bisa makan atau minum sendiri, mengosongkan lambung, dan memberikan obat-obatan.

Bagaimana cara memasang NGT?

NGT dipasang oleh dokter atau perawat dengan cara memasukan selang melalui hidung hingga masuk ke lambung.

Apakah pemasangan NGT menyakitkan?

Pemasangan NGT umumnya tidak menyakitkan, namun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman sementara.

Berapa lama NGT bisa dipasang?

Lamanya pemasangan NGT tergantung pada kondisi pasien, biasanya beberapa hari hingga beberapa minggu.

Apa perawatan yang perlu dilakukan selama NGT terpasang?

Selama NGT terpasang, pasien perlu menjaga kebersihan selang, mengganti plester secara teratur, dan menghindari konsumsi makanan atau minuman melalui mulut.

Apa risiko pemasangan NGT?

Risiko pemasangan NGT meliputi perdarahan hidung, infeksi, luka pada hidung atau lambung, dan aspirasi.

Apa saja tanda-tanda NGT tidak berfungsi dengan baik?

Tanda-tanda NGT tidak berfungsi dengan baik meliputi selang tidak mengeluarkan cairan, pasien mengalami mual atau muntah, dan selang tersumbat.

Bagaimana cara melepaskan NGT?

NGT dilepas oleh dokter atau perawat dengan cara menarik selang keluar melalui hidung.

Apa yang harus dilakukan setelah NGT dilepas?

Setelah NGT dilepas, pasien perlu beristirahat dan menghindari aktivitas berat. Pasien juga perlu mengikuti instruksi dokter tentang pola makan dan minum.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *